cool hit counter

PDM Kabupaten Sumbawa - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Sumbawa
.: Home > Berita > Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung SMP Muhammadiyah Kecamatan Utan

Homepage

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung SMP Muhammadiyah Kecamatan Utan

Selasa, 13-06-2017
Dibaca: 569

 
Momentum 17 Ramadhan 1438 Hijriah dimanfaatkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sumbawa untuk mengukir catatan kebajikan. Ketua PDM Sumbawa memimpin peletakan batu pertama pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan di Desa Orang Bawa, Kecamatan Utan, Senin (12/6). Acara seremonial yang menandai dimulainya pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan ini, berlangsung sederhana, dihadiri unsur PDM Sumbawa, Kepala Desa Orong Bawa, PCM Utan, segenap tenaga pengajar SMP Muhammadiyah Utan dan disaksikan oleh masyarakat sekitar.
 
Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Utan, Fitra Rino dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan merupakan relokasi dari lokasi SMP Muhammadiyah saat ini yang berada di Desa Motong Kec. Utan. “Lokasi saat ini sulit dilakukan pengembangan karena lahannya kecil, hanya 30 are”, lapor mantan anggota DPRD Sumbawa ini.
 
Fitra Rino menambahkan, pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan dibangun di atas tanah wakaf Keluarga besar Bapak H.M. Zain Sembang, S.Sos seluas 88,45 Are. Sedangkan biaya pembangunannya berasal dari bantuan Program Pembangunan Unit Sekolah Baru, Direktorat Pembangunan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud Tahun Anggaran 2017.  Dari biaya tersebut, akan dibangun gedung kantor/administrasi, gedung kelas (3 ruang kelas), gedung perpustakaan, gedung KM/WC, beserta meubeler untuk semua ruangan yang dibangun.
 
Fitra Rino juga berharap adanya partisipasi masyarakat membantu pembangunan fasilitas SMP Muhammadiyah Utan. Mengingat fasilitas seperti mushollah belum tersedia dari dana yang ada. “Semoga dengan terbangunnya Gedung SMP Muhammadiyah Utan yang baru beserta fasilitas pendukungnya, maka semakin besar pula minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disini” harapnya.
 
Sementara itu, Ketua PDM Sumbawa, H. Faisal Salim. S.Ag, menyampaikan komitmen PDM Sumbawa memajukan pendidikan di Kabupaten Sumbawa. “Semangat untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Sumbawa, telah menjadi komitmen PDM Sumbawa. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas sarana dan prasarana pendidikan milik Muhammadiyah”.
 
Untuk itu, diharapkan agar Panitia Pembangunan benar-benar menjaga kualitas hasil pekerjaan, karena hal ini akan menjadi tolok ukur keberlanjutan program berikutnya. “Saya minta agar panitia selalu berkoordinasi dengan PDM dan melaporkan perkembangan pembangunan fisik”, harap Ustadz Faisal, akrab disapa Kepala KUA Kecamatan Sumbawa ini. 
 
Ustadz Faisal yang juga da’i kondang Sumbawa ini mengungkapkan, sesuai dengan rencana pengembangan amal usaha Pendidikan Muhammadiyah Sumbawa, setelah pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan, akan dilanjutkan dengan perbaikan/pembangunan gedung SMA Muhammadiyah. Bahkan sebelum berakhir periode kepengurusan PDM Sumbawa pada Tahun 2021 nanti, akan dibangun perguruan tinggi Muhammadiyah di Sumbawa. “Khusus untuk SMP Muhammadiyah Utan, saat ini sedang didesain model pembelajaran, peningkatan kapasitas SDM pendidik dan tenaga administrasi bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang”, tambahnya.
 
Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan gedung SMP Muhammadiyah Utan ini. Terutama kepada Kemdikbud RI, PCM Utan, Kepala Desa Orong Bawa, dan masyarakat kecamatan Utan, secara khusus kepada Bapak H.M. Zain Sembang, S.Sos sekeluarga selaku muwakif tanah lokasi pembangunan SMP Muhammadiyah Utan. “Semoga segala kebajikan yang kita lakukan diijabah oleh ALLAH SWT dan mendapat balasan berlipat ganda, apalagi di bulan yang mulai ini”, harap Ketua PDM Sumbawa mengakhiri sambutannya. (rj75)
 

Tags: SMP, Muhammadiyah, Utan,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website